Padang - Sebagai garda terdepan dan mitra strategis pemerintah, pengurus RT dan RW memiliki peranan penting dalam menyukseskan program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang.


Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, sewaktu menjadi narasumber dan menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pengurus RT dan RW se-Kecamatan Kuranji, di Rocky Plaza Hotel, Minggu (3/12/2023).


Ekos menyebut, berdasarkan Permendagri Nomor 18 Tahun 2018, ada empat peranan penting RT dan RW dalam menyukseskan program pembangunan pemerintah daerah, yakni peran dalam pengentasan kemiskinan, peran sebagai mitra pemerintah dalam mewadahi partisipasi masyarakat, peran dalam pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 


"Berdasarkan penghitungan dua minggu lalu angka Kemiskinan di Kota Padang itu 4,26 persen, jauh lebih baik dari nasional sekitar 9,57 persen. Inilah tugas kita bersama selaku pemerintah kota untuk bersama-sama melakukan pengentasan kemiskinan melalui bantuan dari RT dan RW sebagai perpanjangan tangan pemerintah," ungkap Ekos.


Lebih lanjut Ekos mengatakan, RT dan RW juga berperan dalam menampung aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Di samping itu, pelayanan kepada masyarakat juga harus terus ditingkatkan agar kualitas kinerja semakin baik.


"Kunci dari pelayanan ini sebetulnya tidak susah, kuncinya cuma satu mulai dari kepala daerah sampai kepada perangkat RT/RW jangan susah dihubungi, permudah komunikasi sehingga apa yang disampaikan oleh masyarakat itu dapat tersalurkan," pungkas Wawako.


Sementara itu, Camat Kuranji Yandra menyebutkan, Bimtek ini bertujuan untuk mempertajam kinerja tugas pokok dan fungsi pengurus RT dan RW dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bimtek ini dilaksanakan selama 3 hari, yang dimulai dari 1 Desember 2023 lalu.


"Bimtek ini terlaksana berkat dana pokok-pokok pikiran (pokir) dari anggota DPRD Kota Padang, Yandri. Bimtek ini diikuti oleh 140 orang pengurus RT RW se-Kecamatan Kuranji," sebutnya.


Sementara itu, salah seorang peserta Bimtek, Widya, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Padang yang telah mengadakan kegiatan ini.  Menurutnya dengan adanya Bimtek ini dapat menambah ilmu dan membantu kelancaran tugas sehari-hari selaku pengurus RW.


"Dengan adanya Bimtek ini sangat membantu tugas-tugas kami selaku RT dan RW di tengah-tengah masyarakat dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah," sebut Widya pengurus RW 02 Kelurahan Ampang.


Bimtek ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada peserta Bimtek oleh Wawako Ekos Albar didampingi Anggota DPRD Kota Padang Yandri, dan Camat Kuranji Yandra. (Prokopim Pdg)

 
Top