PADANG - Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar memberikan apresiasi atas digelarnya Festival Tikuluak Antar Bundo Kanduang se-Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung.


Kegiatan ini dilangsungkan di Lapangan Komplek Puri Lestari RW 08, Kelurahan Parak Laweh Pulai Aia Nan XX, Minggu (3/12/2023).


"Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang saya sangat menyambut baik kegiatan Festival Tikuluak ini. Semoga kita bersama bisa terus melestarikan berbagai seni budaya dan tradisi Minangkabau sebagai kearifan lokal di Kota Padang yang kita cintai," ungkap Ekos Albar dalam sambutan dan arahannya saat membuka kegiatan.


Menurut Ekos, tikuluak atau penutup kepala khas bagi kaum hawa di Ranah Minang adalah hal yang perlu dilestarikan terutama bagi generasi muda. Mengingat pengaruh globalisasi sudah mengikis nilai-nilai budaya tradisional. 


"Tikuluak ini memiliki berbagai ragam bentuk sesuai ragam daerah yang ada di Sumatera Barat. Ke depan saya ingin ke festival ini terus berkembang merambah ke kecamatan lainnya di Kota Padang. Sehingga pelestarian dan pewarisan seni tradisi serta kebudayaan lokal terus berkembang di tengah kemajuan global saat ini," pungkas Ekos yang disambut antusias hadirin saat itu.


Festival Tikuluak Antar Bundo Kanduang se-Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX ini terselenggara berkat dukungan dana pokok pikiran (pokir) Anggota DPRD Kota Padang Mur Ikhwan, yang juga merupakan mantan Ketua LPM Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX. 


Dalam kesempatan ini turut hadir Camat Lubuk Begalung yang baru saja dilantik, Anhal Mulya Perkasa, bersama Lurah Palapa Nan XX Vebrinanda, Anggota DPRD Kota Padang Dasman, serta warga Parak Laweh Pulau Aia Nan XX.

 
Top