Sumbar - Dalam rangka mempermudah dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH meresmikan ruang Pelayanan Satu Atap Sanika Satyawada Polres Kep. Mentawai.

Peresmian ruang Pelayanan Satu Atap Sanika Satyawada Polres Kep. Mentawai ini dilakukan Kapolda saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Polres tersebut, Senin (27/11).

Hal ini ditandai dengan dilakukannya gunting pita oleh Irjen Pol Suharyono yang didampingi oleh Ketua Bhayangkari Daerah Sumbar Ny. Iis Suharyono, dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh Kapolres Kep. Mentawai AKBP Dr. Fahmi Reza, S.Ik. 

Kapolres Kep. Mentawai AKBP Fahmi Reza mengatakan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan satu atap sendiri mempunyai tujuan untuk memperpendek proses pelayanan, mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti dan terjangkau serta mendekatkan dan memberikan pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat.

Ia menyebut, Pelayanan Terpadu Polres Kep Mentawai kini menyediakan 4 pelayanan bidang kepolisian, antara lain, pembuatan SKCK, Sidik Jari atau Inafis, Pelayanan Izin Keramaian dan SPKT.

Desain ruangan yang diperbaharui ini, menjadi desain minimalis futuristik untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan dalam memperoleh pelayanan dari pihak kepolisian.

Standar pelayanan prima baik desain ruangan, peralatan dan teknologi antrean elektronik serta beberapa ruang pelayanan khusus seperti disabilitas, tempat bermain anak dan pojok baca sebagai miniatur perpustakaan, tempar ruang ibu menyusui, tempat pelayanan pengaduan propam (informasi) merupakan aspek pelayanan publik yang sangat sering di manfaatkan masyarakat.

Kapolres AKBP Fahmi Reza mengatakan, bahwa pelayanan terpadu ini semata-mata untuk menjadikan masyarakat lebih mudah dalam mengakses beberapa pelayanan kepolisian dalam satu atap. Beberapa program inovasi Polres Kep. Mentawai juga mendukung kegiatan dalam prosesi pelayanan tersebut.

"Pelayanan terpadu ini semata-mata untuk menjadikan masyarakat lebih mudah dalam mengakses beberapa pelayanan kepolisian pada satu atap," ujarnya.

Lanjutnya beliau berharap, dengan adanya pelayanan terpadu ini masyarakat dapat terbantu.

"Semoga dengan adanya pelayanan terpadu ini masyarakat dapat terbantu dan birokrasi pelayanan serta tata ruang sudah senyaman mungkin di desain sesuai standar pelayanan publik," pungkasnya.

Dalam peresmian ini, dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Sumbar, Pengurus Bhayangkari Daerah Sumbar, Pejabat Polres Kep. Mentawai dan personel Polres Mentawai. (*)
 
Top